PCOS Life Style

PCOS Life Style

Senin, 15 November 2010

Makanan Sebagai Penyeimbang Hormon Alami

Setiap hari hormon dalam tubuh selalu berfluktuasi. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa ketidakseimbangan dalam hormon wanita estrogen dan progesteron sebagai penyebab premenstrual syndrome ( PMS ). Kelebihan estrogen dalam aliran darah kemungkinan mempengaruhi beberapa gejala PMS. Pelajari jenis makanan yang baik dan pilih salah satunya untuk membantu mengatur hormon Anda secara alami melalui diet sehari-hari.

Diet Kaya Serat

Salah satu cara untuk menurunkan kadar hormon tersebut adalah dengan mengkonsumsi serat. Pada wanita yang mengkonsumsi diet serat tinggi maka kadar estrogen pada darah akan menurun selama fase siklus menstruasi dibandingkan dengan wanita yang mengkonsumsi sedikit serat. Diet dengan kandungan serat yang tinggi akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengeluarkan kelebihan estrogen yang dapat membantu meningkatkan keseimbangan hormon dan gejala PMS. Saat ini rata-rata perempuan hanya mengkonsumsi sekitar 10 gram serat dalam sehari daripada yang seharusnya dianjurkan yaitu paling sedikit 25 gram. Untuk mencapainya, cobalah untuk mengkonsumsi setidaknya lima buah segar atau sayuran, biji-bijian, dan satu porsi kacang - kacangan setiap hari.

Makanan Lainnya

Kedelai sangat baik untuk Anda. Kedelai dan produk kedelai mengandung senyawa seperti estrogen yang disebut fitoestrogen, yang membantu mengimbangi fluktuasi estrogen alami seorang wanita. Fitoestrogen bertindak seperti hormon, menempel pada reseptor estrogen tubuh dan meningkatkan efek estrogen tanpa efek samping.

Cobalah minyak safflower, yang berisi asam lemak linoleat. Asam linoleatnya berfungsi untuk mengatur hormon - senyawa yang terkait dengan PMS yang menyebabkan perut kembung dan ketidaknyamanan pada daerah payudara. Satu atau dua sendok makan minyak safflower dalam makanan sehari-hari akan memasok asam linoleat untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda, tanpa mempengaruhi diet rendah lemak Anda.
Mengkonsumsi magnesium juga dapat mengurangi gejala yang berhubungan dengan PMS, dengan meningkatkan asupan makanan yang kaya akan magnesium seperti kacang, gandum, pisang dan sayuran berdaun hijau.
Kalsium. Wanita yang mengalami PMS biasanya mengkonsumsi makanan yang mengandung sedikit kalsium. Peningkatkan asupan makanan yang kaya kalsium akan membantu mengurangi gejala - gejala PMS seperti masalah mood, konsentrasi, dan rasa sakit.

Kurangi Lemak Jenuh

Manfaat tambahan dengan melakukan diet rendah lemak adalah bahwa diet tersebut dapat menurunkan risiko kanker pada seorang wanita yang terkait dengan hormon, misalnya kanker payudara. Yang perlu diperhatikan adalah, mengganti konsumsi daging berlemak yang tinggi lemak jenuh dengan ikan, tahu atau kacang-kacangan lainnya akan membantu mengurangi jenuh asupan lemak jenuh Anda yang mungkin meningkatkan gejala PMS. Makanan lain yang perlu dipertimbangkan adalah daging tanpa lemak, tiram, kacang tanah dan kacang polong, olahan biji-bijian, susu rendah lemak dan sayuran.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar